Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VIII / 1
Materi Pokok
: Kugapai Rezeki-Mu
Dengan Ikhtiar
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 40Menit
a. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam sekitarnya.
KI-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak
mata.
KI-4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang
kuat.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini
bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1 Terbiasa
bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S.
al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.1 Memahami
isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang
ketentuan rezeki dari Allah
4.1 Mensimulasikan
isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang
ketentuan rezeki dari Allah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Peserta didik meyakini bahwa
setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1.1
Menunjukan sikap taat sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang
ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1
Menjelaskan pengertian rezeki
3.1.2
Menjelaskan macam-macam rezeki
3.1.3
Mengidentifikasi hubungan antara
rezeki dengan ikhtiyar
3.1.4
Menjelaskan isi kandungan Q.S.
Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
tentang ketentuan rezeki dari Allah.
4.1.1
Membaca Q.S. Quraisy (106) dan
Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.2
Menerjemahkan Q.S. Quraisy (106)
dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.3
Menganalisis, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil penterjemahan Q.S.
al-Quraisy dan Q.S. al-
al-Insyirah (94)
D. Materi Pembelajaran
¡ Q.S. Quraisy (106) dan Q.S.
al-Insyirah (94)
(1) لِاِيلَافِ قُرَيْشٍ
(2) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (3) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا
الْبَيْتِ (4) الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
Artinya :
1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,
2. (yaitu) kebiasaan mereka
bepergian pada musim dingin dan musim panas.
3. Maka
hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).
4. yang telah ember makanan kepada mereka untuk
menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
(1)
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (2) وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (3) الَّذِي
أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (4) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (5) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
(6) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (7) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (8) وَإِلَى
رَبِّكَ فَارْغَبْ
Artinya :
1. Bukankah
Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
2. dan
Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
3. yang
memberatkan punggungmu?
4. dan
Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
5. karena
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6. Sesungguhnya
sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
7. Maka
apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh
(urusan) yang lain,
8. dan
hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.
¡ Isi kandungan Q.S. Quraisy (106) dan
Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan
Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Guru :
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, pada kelas VII
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
·
Apabila materi tema projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
Pengamatan
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Rezeki Allah Sangat Luas
Ø Pengertian Rezeki
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati
gambar /foto yang berhubungan dengan
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
![]() ![]() ![]()
Ø Peserta didik diminta mengamati
gambar tentang berbagai macam cara orang mencari
nafkah/rizki
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang
berkaitan dengan
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
|
|
Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan
akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Rezeki Allah Sangat Luas
Ø Pengertian Rezeki
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan rezeki
?
Ø Apa sajakah macam-macam rezeki
Allah itu?
Ø Siapa yang menentukan rezeki ?
Ø Siapa saja yang berhak mendapatkan rezeki?
Ø Mengapa orang perlu berikhtiyar mencari rezeki?
Ø Bagaimana cara orang berikhtiyar mencari rezeki?
Ø
Bagaimana cara mensyukuri
rezeki Allah?
|
|
Pengumpulan data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku
referensi tentang
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
-
Rezeki Allah Sangat Luas
-
Pengertian Rezeki
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdiskusi dalam kelompok persoalan berikut ini
-
Dalam surah al- Jumu’ah
ayat 10 disebutkan “ketika kita telah
selesai mengerjakan salat maka bertebaranlah di muka bumi”. Ini memerintahkan kepada kita untuk senantiasa produktif, mampu memanfaatkan
waktu dan tidak bermalas-masalasan dalam menggapai rezeki Allah, bagaimana
pendapatmu? Agar bisa produktif apa yang harus kamu persiapkan?
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang
:
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
|
Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan
dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data :
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas, Pengertian
Rezeki
|
|
Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan :
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
|
Menarik Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Peserta didik :
Guru :
|
|
2. Pertemuan
Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
Motivasi
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
Pemberian Acuan
|
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
Pengamatan
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø Rezeki yang halal dan berkah
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati
gambar /foto/ayat al-quran/hadis
yang berhubungan dengan
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
إِيلافِهِمْ
رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ
“(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim
panas”.
-
Rezeki yang halal dan
berkah
Rasulullah saw bersabda : “Wahai manusia, bertawakallah kepada
Allah, pakailah cara yang baik dalam mencari (rizki) .....”. rasulullah
saw juga mengingatkan manusia agar berhati-hati dalam mencari mencari harta
dan harus selektif dengan cara memperolehnya sehingga harta yang dimilikinya
benar-benar halal.
عَن أَبِيْ
هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَاللهِ صَلَّاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :
لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِيْ الْمَرْءُ بِمَا
أَحَذَالْمَالَ أَمْ مِنْ حَلَالٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ (رواه البخاري وابو يعلى)
“Dari
Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda : “Pasti akan datang kepada
manusia suatu zaman di mana orang tidak peduli lagi dengan apa dia mengambil
harta, apakah dari yang halal ataukah dari yang haram” (HR. Al Bukhari
dan Abu Ya’la)
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
-
Rezeki yang halal dan
berkah
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang
berkaitan dengan
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
-
Rezeki yang halal dan
berkah
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
-
Rezeki yang halal dan berkah
|
|
Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø Rezeki yang halal dan berkah
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
|
|
Pengumpulan data
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
-
Rezeki yang halal dan
berkah
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku
referensi tentang
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
-
Rezeki yang halal dan
berkah
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan tentang
-
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
-
Rezeki yang halal dan
berkah
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdikusi dalam kelompokpersoalan berikut ini
-
Allah mengingatkan kepada
nabi Muhammad dan umatnya agar tidak cepat puas dengan hasil usahanya dan
mengingatkan apabila telah menyelesaikan suatu urusan maka segeralah untuk
menyelesaikan urusan yang lain, bagaimana tanggapan Rasulullah dengan pernyataan Allah tersebut? Nilai-nilai
karakter apa yang dapat kalian kembangkan dari pernyataan Allah tersebut?
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang
:
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
|
Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan
dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
|
|
Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
|
Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Peserta didik :
Guru :
|
|
3. Pertemuan
Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
|
10
menit
|
|||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
Ø
Spirit Dari Al Qur'an Dalam
Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan berkah
Motivasi
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
Pemberian Acuan
|
|
|||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|||||||||||||||
Pengamatan
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang /ayat Al-quran/Hadis
Ø Kandungan Q.S.Quraisy
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati
gambar /foto/ayat-ayat Al-quran/Hadis yang berhubungan dengan
-
Kandungan Q.S.Quraisy
Dan barang siapa yang mendurhakai perintah Allah, maka Allah akan
mencabut rasa aman di akhirat sebagaimana firman-Nya :
(122) وَضَرَبَ
اللَّهُ مَثَلا قَرْيَةً كَانَتْ آمِنَةً مُطْمَئِنَّةً يَأْتِيهَا رِزْقُهَا
رَغَدًا مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللَّهِ فَأَذَاقَهَا اللَّهُ
لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ (113) وَلَقَدْ
جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِنْهُمْ فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَهُمُ الْعَذَابُ وَهُمْ
ظَالِمُونَ
“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri
yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah
dari segenap tempat, tetapi (penduduk) nya mengingkari nikmat-nikmat Allah;
karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan,
disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. Dan sesungguhnya telah
datang kepada mereka seorang rasul dari mereka sendiri tetapi mereka
mendustakannya; karena itu mereka dimusnahkan azab dan mereka adalah
orang-orang yang zalim” (QS. An Nahl/16 : 112-113).
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-
Kandungan Q.S.Quraisy
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang
berkaitan dengan
-
Kandungan Q.S.Quraisy
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
-
Kandungan Q.S.Quraisy
|
|
|||||||||||||||
Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan
akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Kandungan Q.S.Quraisy
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
|
|
|||||||||||||||
Pengumpulan data
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang
-
Kandungan Q.S.Quraisy
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku
referensi tentang
-
Kandungan Q.S.Quraisy
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan tentang
-
Kandungan Q.S.Quraisy
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa
Ø Peserta didik diminta mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy
(106)
Ø Peserta didik diminta menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
penterjemahan Q.S. al-Quraisy
Ø Peserta didik diminta menyusun kesimpulan kandungan
Ø Peserta didik diminta merumuskan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdikusi dalam kelompok mengenai isi kandungan Q.S. al-
Quraisy (106)
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang
:
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
|
|||||||||||||||
Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan
dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
|
|
|||||||||||||||
Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
|
|||||||||||||||
Menarik Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
|||||||||||||||
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
|||||||||||||||
Peserta didik :
Guru :
|
|
4. Pertemuan
Ke-4 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
Motivasi
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
Pemberian Acuan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pengamatan
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati
gambar /foto yang berhubungan dengan
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang
berkaitan dengan
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan
akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Kandungan Q.S. al- Insyirah
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pengumpulan data
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku
referensi tentang
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan tentang
-
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa
Ø Peserta didik diminta mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Insyirah (94)Peserta didik diminta menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki
hasil penterjemahan Q.S. al- Insyirah (94)
Ø Peserta didik diminta menyusun kesimpulan kandungan
Ø Peserta didik diminta merumuskan isi kandungan Q.S. al- Insyirah (94)
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdikusi dalam kelompok mengenai Isi Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang
:
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan
dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data :
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Menarik Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik :
Guru :
|
|
F. Penilaian HASIL PEMBELAJARAN
1) Jenis/Teknik Penilaian:
a. Sikap
-
Penilaian
Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup
kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
-
Penilaian
Diri (self assessment)
-
Penilaian
Teman Sebaya (peer assessment)
-
Penilaian
Jurnal (anecdotal record)
b. Pengetahuan
-
Tes Tertulis Uraian atau
Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Kugapai
Rezeki-Mu Dengan Ikhtiar
-
Observasi Terhadap
Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
-
Penugasan, Membuat
kesimpulan tentang Kugapai Rezeki-Mu
Dengan Ikhtiar
c. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk
Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang Kugapai
Rezeki-Mu Dengan Ikhtiar
-
Penilaian Proyek,
-
Penilaian Produk,
-
Penilaian Portofolio
-
Penilaian Tertulis
2) Bentuk Instrumen dan instrument
3) Pedoman Penskoran
Jenis/Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen dan Instrumen
|
Pedoman Penskoran
|
|
Sikap
|
Diri
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Jurnal
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Observasi
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Teman Sebaya
|
terlampir
|
terlampir
|
Pengetahuan
|
Penugasan
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Tes Lisan
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Tertulis Uraian
|
terlampir
|
terlampir
|
Keterampilan
|
Portofolio
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Proyek
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Unjuk Kerja
|
terlampir
|
terlampir
|
4) Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Remedial
Pada dasarnya ada banyak sekali program remedial (remedial teaching) yang dapat digunakan,
diantara yang sering banyak dilakukan guru, yaitu:
-
Mengajarkan kembali (re-teaching) materi yang sama, tetapi
dengan cara penyajian yang berbeda;
-
Tutoring sebaya,
yaitu bentuk perbaikan yang diberikan oleh teman sekelasnya yang pandai, sebab
adakalanya peserta didik lebih mudah
menyerap materi pelajaran dari teman akrabnya maupun dari orang yang lebih
dekat hubungan emosionalnya dari pada guru yang disegani atau bahkan
ditakutinya;
-
Remidial test, guru
mengadakan penilaian kembali dengan soal sejenis, atau soal dengan standar yang
sama
Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan soal
pengayaan yang telah disiapkan oleh
guru berupa pertanyaan-pertanyaan tentang “Bentangan rezeki-Mu kusambut dengan
ikhtiyar” (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang
berhasil dalam pengayaan)
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
v Media
:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Perpustakaan
sekolah
v Alat/Bahan
:
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop
& infocus
Ø Slide
presentasi (ppt)
v Sumber
Belajar :
Ø Buku
pegangan siswa Kemenag
Ø Buku
Pedoman Guru, Kemenag
Ø Gambar/
video/ multimedia
Ø Akses Internet yang sesuai kebutuh an
Ø Sumber lain yg menunjang Ensiklopedi atau buku
referensi lain.
Ø Multimedia.
interaktif dan Internet
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
( _________________________ )
NIP/NIK:……………………….
|
|
……………, …………., 20 …..
Guru Mata Pelajaran,
( _________________________ )
NIP/NIK:……………………….
|