-->

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan         :    _________________________
Mata Pelajaran             :    Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester           :    VIII / 1
Materi Pokok                :                Kugapai  Rezeki-Mu  Dengan Ikhtiar
Alokasi Waktu               :    4 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 40Menit

a.  Kompetensi Inti
KI-1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
KI-2  :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
KI-3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
KI-4  :  Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

B.  Kompetensi Dasar
1.1     Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1     Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.1     Memahami isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.1     Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1       Peserta didik meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1.1       Menunjukan sikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1       Menjelaskan pengertian rezeki
3.1.2       Menjelaskan macam-macam  rezeki
3.1.3       Mengidentifikasi hubungan antara rezeki  dengan ikhtiyar
3.1.4       Menjelaskan isi kandungan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)  tentang ketentuan rezeki dari Allah.
4.1.1       Membaca Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.2       Menerjemahkan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.3       Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al- al-Insyirah (94)

D.  Materi Pembelajaran
¡  Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94)
 (1) لِاِيلَافِ قُرَيْشٍ (2) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (3) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (4) الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ  
Artinya :
1.   Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,
2.   (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.
3.   Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).
4. yang telah ember makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
(1) أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (2) وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (3) الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (4) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (5) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (7) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (8) وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ
Artinya :
1.   Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
2.   dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
3.   yang memberatkan punggungmu?
4.   dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
5.   karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6.   Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
7.   Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
8.   dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.
¡  Isi kandungan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.

E.  Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
10 menit
Guru :
Orientasi
·       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·       Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
·       Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VII
·       Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·       Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
·       Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·       Apabila materi tema projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
·       Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·       Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
·       Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·       Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·       Pembagian kelompok belajar
·       Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti
60 menit
Pengamatan
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang berhubungan dengan
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki
  Kepasar membeli bahan baku siomay   sekretaris
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar  tentang  berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki
v Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki
v Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki

Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Apa yang dimaksud dengan  rezeki ?
Ø  Apa sajakah macam-macam  rezeki Allah itu?
Ø  Siapa yang menentukan  rezeki ?
Ø  Siapa saja yang berhak mendapatkan rezeki?
Ø  Mengapa orang perlu berikhtiyar mencari rezeki?
Ø  Bagaimana cara orang berikhtiyar mencari rezeki?
Ø  Bagaimana cara mensyukuri rezeki Allah?

Pengumpulan data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki
v Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-        Rezeki Allah Sangat Luas
-        Pengertian Rezeki
v Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
v Mendiskusikan
Ø  Peserta didik dimina berdiskusi dalam kelompok persoalan berikut ini
-        Dalam surah al- Jumu’ah ayat 10 disebutkan “ketika kita  telah selesai mengerjakan salat maka bertebaranlah di muka bumi”. Ini  memerintahkan kepada kita untuk  senantiasa produktif, mampu memanfaatkan waktu dan tidak bermalas-masalasan dalam menggapai rezeki Allah, bagaimana pendapatmu? Agar bisa produktif apa yang harus kamu persiapkan?
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang  :
Ø   Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas, Pengertian Rezeki

Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Menarik Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Kegiatan Penutup
10 menit
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik


2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
10 menit
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Rezeki Allah Sangat Luas
Ø  Pengertian Rezeki
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi tema projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.


Kegiatan Inti
60 menit
Pengamatan
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto/ayat al-quran/hadis  yang berhubungan dengan
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
إِيلافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ
(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.
-        Rezeki yang halal dan berkah
Rasulullah saw bersabda : “Wahai manusia, bertawakallah kepada Allah, pakailah cara yang baik dalam mencari (rizki) .....”. rasulullah saw juga mengingatkan manusia agar berhati-hati dalam mencari mencari harta dan harus selektif dengan cara memperolehnya sehingga harta yang dimilikinya benar-benar halal.
عَن أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَاللهِ صَلَّاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِيْ الْمَرْءُ بِمَا أَحَذَالْمَالَ أَمْ مِنْ حَلَالٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ (رواه البخاري وابو يعلى)
“Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda : “Pasti akan datang kepada manusia suatu zaman di mana orang tidak peduli lagi dengan apa dia mengambil harta, apakah dari yang halal ataukah dari yang haram” (HR. Al Bukhari dan Abu Ya’la)

v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-        Rezeki yang halal dan berkah
v Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-        Rezeki yang halal dan berkah
v Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-        Rezeki yang halal dan berkah

Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Pengumpulan data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-        Rezeki yang halal dan berkah
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-        Rezeki yang halal dan berkah
v Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-        Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-        Rezeki yang halal dan berkah
v Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
v Mendiskusikan
Ø  Peserta didik dimina berdikusi dalam kelompokpersoalan berikut ini
-        Allah mengingatkan kepada nabi Muhammad dan umatnya agar tidak cepat puas dengan hasil usahanya dan mengingatkan apabila telah menyelesaikan suatu urusan maka segeralah untuk menyelesaikan urusan yang lain, bagaimana tanggapan Rasulullah dengan  pernyataan Allah tersebut? Nilai-nilai karakter apa yang dapat  kalian  kembangkan dari pernyataan Allah tersebut?
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah

Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Kegiatan Penutup
10 menit
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik


3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan

10
menit
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari Rezeki
Ø  Rezeki yang halal dan berkah
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi tema projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.


Kegiatan Inti
60 menit
Pengamatan
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang /ayat Al-quran/Hadis
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto/ayat-ayat Al-quran/Hadis yang berhubungan dengan
-        Kandungan Q.S.Quraisy
No
Terjemah
Ayat
1
Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,
لإيلَافِ قُرَيْشٍ
2
(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.
إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ
3
Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Kakbah).
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ
4
Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
Dan barang siapa yang mendurhakai perintah Allah, maka Allah akan mencabut rasa aman di akhirat sebagaimana firman-Nya :
(122) وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلا قَرْيَةً كَانَتْ آمِنَةً مُطْمَئِنَّةً يَأْتِيهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللَّهِ فَأَذَاقَهَا اللَّهُ لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ (113) وَلَقَدْ جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِنْهُمْ فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَهُمُ الْعَذَابُ وَهُمْ ظَالِمُونَ
Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk) nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka seorang rasul dari mereka sendiri tetapi mereka mendustakannya; karena itu mereka dimusnahkan azab dan mereka adalah orang-orang yang zalim(QS. An Nahl/16 : 112-113).

v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-        Kandungan Q.S.Quraisy
v Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-        Kandungan Q.S.Quraisy
v Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-        Kandungan Q.S.Quraisy

Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Kandungan Q.S.Quraisy
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Pengumpulan data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-        Kandungan Q.S.Quraisy
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-        Kandungan Q.S.Quraisy
v Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-        Kandungan Q.S.Quraisy
v Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
Ø  Peserta didik diminta mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
Ø  Peserta didik diminta menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Quraisy
Ø  Peserta didik diminta menyusun kesimpulan kandungan
Ø  Peserta didik diminta merumuskan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
v Mendiskusikan
Ø  Peserta didik dimina berdikusi dalam kelompok mengenai  isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy

Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Menarik Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Kegiatan Penutup
10 menit
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik



4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
Kegiatan Pendahuluan
10 menit
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Kandungan Q.S.Quraisy
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi tema projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.


Kegiatan Inti
60 menit
Pengamatan
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang berhubungan dengan
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah
No
Terjemah
Ayat
1
Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
2
Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu,
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ
3
yang memberatkan punggungmu?
الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ
4
Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu.
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ
5
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
6
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
7
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ
8
dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.
وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ

v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah

Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Kandungan Q.S. al- Insyirah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Pengumpulan data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-        Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
Ø  Peserta didik diminta mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Insyirah (94)Peserta didik diminta menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al- Insyirah (94)
Ø  Peserta didik diminta menyusun kesimpulan kandungan
Ø  Peserta didik diminta merumuskan isi kandungan Q.S. al- Insyirah (94)
v Mendiskusikan
Ø  Peserta didik dimina berdikusi dalam kelompok mengenai  Isi Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Pengolahan Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah

Pembuktian (Mengomunikasikan)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Menarik Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Kegiatan Penutup
10 menit
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik



F.  Penilaian HASIL PEMBELAJARAN
1)  Jenis/Teknik Penilaian:
a.    Sikap
-        Penilaian Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
-        Penilaian Diri (self assessment)
-        Penilaian Teman Sebaya (peer assessment)
-        Penilaian Jurnal (anecdotal record)
b.   Pengetahuan
-        Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Kugapai  Rezeki-Mu  Dengan Ikhtiar
-        Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
-        Penugasan, Membuat kesimpulan tentang Kugapai  Rezeki-Mu  Dengan Ikhtiar
c.    Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang Kugapai  Rezeki-Mu  Dengan Ikhtiar
-        Penilaian Proyek,
-        Penilaian Produk,
-        Penilaian Portofolio
-        Penilaian Tertulis
2)  Bentuk Instrumen dan instrument
3)  Pedoman Penskoran
Jenis/Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen dan Instrumen
Pedoman Penskoran
Sikap
Diri
terlampir
terlampir

Jurnal
terlampir
terlampir

Observasi
terlampir
terlampir

Teman Sebaya
terlampir
terlampir
Pengetahuan
Penugasan
terlampir
terlampir

Tes Lisan
terlampir
terlampir

Tertulis Uraian
terlampir
terlampir
Keterampilan
Portofolio
terlampir
terlampir

Proyek
terlampir
terlampir

Unjuk Kerja
terlampir
terlampir

4)  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Remedial
Pada dasarnya ada banyak sekali program remedial (remedial teaching) yang dapat digunakan, diantara yang sering banyak dilakukan guru, yaitu:
-        Mengajarkan kembali (re-teaching) materi yang sama, tetapi dengan cara penyajian yang berbeda;
-        Tutoring sebaya, yaitu bentuk perbaikan yang diberikan oleh teman sekelasnya yang pandai, sebab adakalanya peserta didik  lebih mudah menyerap materi pelajaran dari teman akrabnya maupun dari orang yang lebih dekat hubungan emosionalnya dari pada guru yang disegani atau bahkan ditakutinya;
-        Remidial test, guru mengadakan penilaian kembali dengan soal sejenis, atau soal dengan standar yang sama

Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan soal pengayaan yang telah    disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  tentang “Bentangan rezeki-Mu kusambut dengan ikhtiyar” (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan)

G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
v Media :
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian
Ø  Perpustakaan sekolah

v Alat/Bahan :
Ø  Penggaris, spidol, papan tulis
Ø  Laptop & infocus
Ø  Slide presentasi (ppt)


v Sumber Belajar :                                                                                                
Ø  Buku pegangan siswa Kemenag
Ø  Buku Pedoman Guru, Kemenag
Ø  Gambar/ video/ multimedia
Ø  Akses Internet yang sesuai kebutuh an
Ø  Sumber lain yg menunjang Ensiklopedi atau buku referensi lain.
Ø  Multimedia. interaktif dan Internet


Mengetahui:
Kepala Sekolah,



( _________________________ )
NIP/NIK:……………………….

……………, …………., 20 …..
Guru Mata Pelajaran,



( _________________________ )
NIP/NIK:……………………….


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel